PTK jadi Buku

Ketika menjadi Guru PNS berarti kita siap dengan segala tugas pokok dan fungsi yang harus dijalankan sesuai undang - undang yang berlaku. Selain menjalankan tupoksi dengan penuh tanggung jawab PNS juga dituntut untuk meningkatkan kompetensinya agar kinerjanya meningkat. Selama ini kenaikan pangkat akan berefek pada kenaikan gaji dan tunjangan serta jabatan yang lebih tinggi dari sebelumnya. Prosesnya dilakukan dengan mengajukan daftar usulan kenaikan pangkat ke institusi kepegawaian dan diteruskan ke BKD hingga ke BKN. Proses ini cukup memakan waktu.

Guru PNS untuk bisa naik pangkat mau tidak mau harus bisa menulis. Karena ada persyatan yang harus dipenuhi terkait publikasi ilmiah tergantung golongannya. Perhatikan gambar dibawah ini :

Salah satu betuk tulisan yang memenuhi syarat untuk kenaikan pangkat adalah PTK. PTK adalah penelitian praktis yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan salah satu upaya guru atau praktisi dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Sejak saya menjadi guru saya pribadi belum pernah mengajukan PTK untuk syarat kenaikan pangkat. Sebenarnya pernah tapi PTK yang saya ajukan ternyata butuh revisi dan itu membutuhkan waktu yang lama. Pada saat itu nilai karya tulis saya dari makalah sudah memenuhi syarat untuk naik pangkat jadi saya membiarkan saja PTK itu tidak dihitung. Pada saat yang sama banayk teman - teman saya yang urung naik pangkat karena tidak bisa menulis (saya lebih mengatikan ini pada tidak mau bukan tidak bisa). Kedepannya mau tidak mau tentu saja kita harus bisa membuat PTK karena kenaikan pangkat yang mewajibkan adanya PTK.
              
Susah - susah gampang dalam menyusun  atau menentukan latar belakang  menentukan PTK. Itu modal  atau titik awal  yang menentukan  PTK dapat dilakukan. Setelah  membuat PTK selain dari laporan PTK kita bisa mendapatkan nilai lagi jika PTK tersebut dijurnalkan, dapat pula  kita jadikan buku. Buku ini memiliki kebermanfaatan lain juga sebagai bahan literasi bacaan pendidik lain dalam melakukan PTKnya juga. Banyak versi dan ciri khas setiap guru dalam menyusun PTK. Naskah PTK yang ingin dijadikan buku tentunya harus diubah sedemikian hingga menjadi layak dan menarik untuk dibaca. Dalam mengubah PTK  menjadi buku, penting sekali memperbannyak isi materi variabel bebasnya dari kata kunci judul buku kita. atau lebih memperluas isi bacaannya. tentunya  berdasarkan sumber yang relevan.

Posting Komentar untuk "PTK jadi Buku"