Youtube dalam Pembelajaran

Youtube dalam Pembelajaran

Menggunakan modul terintegrasi youtube sebagai media pembelajaran bukan berarti tanpa sintaks. Karena pembelajaran yang kita desain tetap harus menarik meskipun dilaksanakan secara online. Tantangannya adalah bagaimana membuat siswa belajar seolah - olah mereka bersama dengan gurunya. Supaya lebih teratur kita memerluka sintak dalam pembelajaran yang menggunakan youtube sebagai media. 

Sintak Pembelajaran dalam Modul adalah sebagai berikut:

1.      Pra pembelajaran

Persiapan pembelajaran sebagai tahap awal mempersipakan siswa untuk belajar dimulai dengan mengecek kesiapan siswa untuk belajar. Kegiatan ini biasanya bersifat umum dan tidak terkait dengan materi pembelajaran.

2.      Pendahuluan 

Kegiatan pendahuluan diisi dengan apersepsi yaitu mengaitkan apa yang telah diketahui atau di alami dengan apa yang akan dipelajari.

3.      Inti

Kegiatan inti meliputi meliputi proses observasi, menanya, menggumpulkan informasi, dan komunikasi.

4.      Penutup

Dalam kegiatan penutup guru memberikan kesimpulan. Dan mengajak siswa Bersama – sama melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram. Guru juga bisa memberikan penilaian harian dan tes untuk siswa.

5.      Pasca Pembelajaran

Kegiatan pasca pembelajaran bisa diisi dengan memberikan PR , tugas atau Remidi mata pelajaran terkait.

Dalam menggunakan modul terintegrasi youtube sebagai media pembelajaran ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu :

1.      Persiapan Belajar

Dalam persiapan belajar kita bisa mempersilahkan siswa untuk menoonton video yang sudah kita buat. Video pembelajaran ini sebagai car akita mengganti aktifitas membaca dengan menonton video.

2.      Penjelasan Materi

Materi bisa dilihat di modul yang sudah kita buat. Materi bisa juga dilihat di buku paket atau buku refferensi yang lain lebih baik lagi jika di video yang sudah kita buat.


Contoh. Video Materi yang diambil dari Youtube

3.      Pembahasan Latihan Soal

Ketika modul dibuat terintegrasi youtube maka soal – soal bisa dibuatkan dalam bentuk link. Siswa tinggal mengakses video materi dan membuka link yang disediakan disana untuk mengerjakan soal.

4.      Pembahasan Soal Ujian

Soal ujian bisa disetting dengan menggunakan QR Code

5.      Pembelajaran Remidial dan Pengayaan

Pembelajaran remidial biasanya didahului dengan memberikan materi pengayaan untuk siswa – siswa yang belum memahami materi yang diajarkan.

6.      Persiapan Ujian

Dalam persiapan ujian kita bisa mengarahkan siswa untuk menonton video – video yang kita rekomendasikan terkait dengan materi yang akan diujikan.

7.      Pemantapan Materi



Posting Komentar untuk "Youtube dalam Pembelajaran"