Sistem Komputer Tujuan dan Fungsi beserta Komponennya

Sistem Komputer Tujuan dan Fungsi beserta Komponennya




sistem komputer tujuan dan fungsi beserta komponennya


Pengertian Sistem Komputer 


Komputer adalah perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk mengolah data sesuai prosedur. Sistem komputer dalam dapat melakukan pekerjaan secara otomatis Sistem komputer adalah kumpulan perangkat komputer yang terdiri dari hardware, software dan brainware dimana ketiga komponen itu saling berinteraksi dalam melakukan pemrosesan data untuk menghasilkan informasi.  


Tujuan Sistem Komputer


Tujuan sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware.


Komponen Sistem Komputer


Sistem komputer terbagi menjadi 3 komponen yaitu : 

  1. Hardware

Hardware adalah perangkat keras komputer yang cirinya bentuk fisiknya dapat disentuh dan dilihat. Hardware berfungsi sebagai input, output, pemroses dan penyimpanan. 

Jenis Hardware dan fungsinya

  1. Input Devices

Input Devices adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memberi perintah atau memasukkan data kedalam komputer. Contoh Input Devices yaitu mouse, keyboard, barcode scanner, joystick, mikrofon, webcam, touchpad, trackball  dan light pen. 

  1. Output Devices 

Output Devices adalah perangkat keluaran pada komputer yang digunakan untuk mengirim data/output dari komputer. Output yang dikirim dapat berupa tampilan visual, print out/cetak dan lainnya. Contoh Output Devices yaitu monitor, printer, speaker, plotter, 

  1. Processing Devices

Processing Devices adalah bagian dari komputer yang bertanggung jawab dalam memproses data menjadi informasi. Contoh Processing Devices yaitu CPU (Control Processing Unit)

  1. Storage Devices

Storage Devices adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai media penyimpanan. Ada yang berupa penyimpanan eksternal atau internal. 

Contoh Processing Devices

  1. Peripheral Devices

Contoh Peripheral Devices




  1. Software

Software atau perangkat lunak komputer adalah perangkat komputer yang hanya bisa dilihat. Software berperan penting dalam menjembatani antara perangkat keras dengan pengguna komputer atau brainware. 

Macam-macam software dan fungsinya : 

  1. Sistem Operasi


  1. Program Aplikasi


  1. Bahasa Pemrograman


  1. Utility Program/ Program Bantu

  1. Brainware

Brainware adalah sebutan untuk orang yang mengoperasikan komputer.





1 komentar untuk "Sistem Komputer Tujuan dan Fungsi beserta Komponennya"