Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII

Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII



Aplikasi

    Aplikasi adalah program yang dibuat oleh pemakai yang ditujukan untuk melakukan suatu tugas khusus (Kadir, 2003). Aplikasi juga dapat diartikan sebagai perangkat lunak komputer yang dibuat untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu. Seperti membuat dokumen, presentasi, melakukan perhitungan, mengedit gambar, mengedit video, pengolahan data dan lain-lain. Program aplikasi ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Perbedaannya umumnya terletak pada fitur atau layanan yang diberikan aplikais tersebut. Contohnya pada sebuah aplikasi gratis untuk mengolah video akan ada kemungkinan hasil video tersebut disertai dengan watermark program aplikasi tersebut. Sedangkan pada versi berbayar/premium tidak ada watermark dan biasanya fitur-fiturnya lebih lengkap dibandingkan versi gratis. Dalam pengembangannya program aplikasi dibedakan menjadi tiga yaitu :
1. Aplikasi Web, 
    Aplikasi web adalah program aplikasi berbasis web yang bisa diakses melalui web browser yang terhubung ke internet. Aplikasi web dapat dijalankan pada berbagai jenis sistem operasi dikarenakan sudah menggunakan standar dokumen berbagai tipe data dapat disajikan. Untuk mengakses aplikasi berbasis web diperlukan koneksi internet yang stabil. Aplikasi berbasis web memerlukan web server dan browser untuk menajalankannya. 
2. Aplikasi Desktop
      Aplikasi Desktop adalah aplikasi yang hanya dapat dijalankan pada komputer/laptop. Aplikasi desktop diinstall langsung pada komputer atau laptop dan memiliki akses ke sumber daya yang tersedia pada komputer. Sumber daya tersebut yaitu sistem, memori dan pemrosesan pada CPU. Umumnya aplikasi desktop berjalan lebih cepat karena tidak memerlukan akses internet. Jika dibandingkan aplikasi berbasis desktop dinilai lebih aman daripada aplikasi berbasis web karena tidak memerlukan koneksi internet atau dapat dioperasikan secara offline. Namun aplikasi desktop memerlukan spesifikasi perangkat yang sesuai dengan yang disyaratkan aplikasi tersebut.  Ada juga aplikasi desktop yang hanya bisa dipasang di sistem operasi tertentu. 
3. Aplikasi Mobile
      Aplikasi Mobile adalah aplikasi yang dibuat khusus untuk perangkat mobile seperti smartphone, tablet, Ipod dan lain-lain. Aplikasi mobile memungkinkan pengguna terhubung ke layanan internet yang umumnya hanya bisa diakses melalui PC atau laptop saja. Keunggulan dari aplikasi mobile adalah memudahkan pengguna mendapatkan informasi secara up to date tanpa terhalang waktu dan tempat selama ada jaringan internet. Ada juga aplikasi berbasis mobile yang dapat diakses secara offline. 

Fitur Aplikasi

        Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) fitur adalah karakteristik yang terdapat pada alat seperti televisi, ponsel dan lain sebagianya. Fitur aplikasi adalah semua jenis layanan yang terdapat dalam sebuah aplikasi. 

Merangkum Narasi
Merangkum Konten Digital
Laboratorium Maya


Aktivitas Individu 1

LKPD 1
Topik : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Apa yang kalian perlukan ?
Komputer yang telah terpasang aplikasi perkantoran yang terdiri atas pengolah kata, pengolah lembar kerja dan pengolah presentasi

Apa yang harus kalian lakukan?
Bacalah petunjuk tugas berikut dengan baik. Ikuti langkah-langkah pengerjaan dengan benar. Jika ada yang tidak mengerti tanyakan pada guru. Berusahalah untuk mencoba sendiri sesuai dengan petunjuk yang diberikan!. 
  1. Pilih 1 materi/artikel yang ada di blog ninghhani
  2. Copy materi/artikel tersebut, lalu paste di aplikasi pengolah kata (Microsoft Word) 
  3. Ketikkan terlebih dahulu Nama, Kelas, No.Absen dan Topik : Teknologi Informasi dan Komunikasi
  4. Simpan dokumen tersebut dengan judul : Nama Kelas_Nama lengkap_No.absen_TIK                    Contoh : 8D_Hani Rafiqo_23_TIK, Caranya : klik menu file--->Save-->pilih documents-->pada file name, ketikkan Nama Kelas_Nama lengkap_No.absen_TIK  , lalu klim tombol Save.
  5. Atur dokumen tersebut dengan ketentuan sebagai berikut :                                                       Paper size : A4                                                                                                                               Margin  ---> Left   : 3 cm, Right : 2.54 cm,   Top    : 2.54 cm dan Bottom : 2.54 cm
           Orientation  : Portrait
           Caranya : 
           Klik Layout-->Page Setup-->Size, untuk memilih ukuran kertas.
           Klik Layout-->Page Setup-->Margins, untuk mengatur margin sesuai yang diinginkan
           Klik Layout-->Page Setup-->Orientation untuk mengatur posisi kertas

            Font size : 12
            Font        : Cambria
            Spasi       : 1.5 
          Caranya :
        Klik Menu Home--Font-->Font size, untuk merubah ukuran huruf
        Klik Menu Home--Font-->Font, untuk merubah jenis huruf
   
        Ketikkan Judul menggunakan WORD ART
        Caranya : Klik Menu Insert-->Text-->Word Art-->Pilih jenis Word Art yang kamu sukai.
        
Tambahkan gambar yang sesuai dengan artikel tersebut/ boleh copy gambar di artikel         tersebut. Caranya klik kanan pada gmbar pilih copy image, lalu paste di dokumen  yang kamu buat. Selain            itu kamu dapat menyimpan gambar dengan cara klik kanan pada gambar pilih save image simpan gambar di komputer. Untuk menampilkan gambar di dokumen pilih menu insert-->illustration-->picture

        Tambahkan Header : Teknologi Informasi dan Komunikasi
        Tambahkan Footer   : Informatika Kelas VII
        Tambahkan Halaman
  
Caranya :
  Klik menu insert-->Header&footer-->Header, untuk menambahkan Header
  Klik menu insert-->Header&footer-->Footer, untuk menambahkan Footer
  Klik menu insert-->Header&footer-->Page Number-->Pilih Bottom of  Page-->Accent Bar 2,                  untuk membuat halaman. 
    

Aktivitas Individu 2

Kerjakan LKPD 2 berikut ini !

       Aktivitas Individu 2. Membuat laporan dengan aplikasi Microsoft Power Point. Peserta didik diharapkan menjalankan program ini, melihat fiturnya dan membuat laporan dalam bentuk dokumen presentasi.

Tugas untuk peserta didik berisi:

1. Slide 1 : Cover

2. Slide 2:  Identitas kalian: 

    Nama      :

    Kelas       : 

    No.Absen : 

    Hobby    :

    Alamat    : 

    dan simpan dengan format : Nama Kelas_Nama lengkap_No.absen_TIK                          Contoh : 8D_Hani Rafiqo_23_TIK

2.  Slide 3 : Tuliskan informasi tentang Jenis-jenis File dan sertakan gambar (ikon file tersebut)

3. Slide 4 : Masukkan gambar perangkat komputer (bisa dengan mengunduh di internet)

5. tambahkan animasi, audio, dan transisi slide yang sesuai.

4.  Tuliskan refleksi kamu selama mempelajari materi ini (bisa berupa perasaan,                 pengalaman, hal baru yang dipelajari)

5.  Pengumpulan file hasil tugas berupa dua file dengan konten yang sama, tetapi                     formatnya berbeda, diberi nama 8D_Hani Rafiqo_23_TIK.pptx. File akan diperiksa         bukan hanya tampilannya, tetapi juga kerapian sebagai suatu artefak komputasional.

     

Aktivitas Individu 3

LKPD 3
Topik : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Apa yang kalian perlukan ?
Komputer yang telah terpasang aplikasi perkantoran yang terdiri atas pengolah kata, pengolah lembar kerja dan pengolah presentasi

Apa yang harus kalian lakukan?
Bacalah petunjuk tugas berikut dengan baik. Ikuti langkah-langkah pengerjaan dengan benar. Jika ada yang tidak mengerti tanyakan pada guru. Berusahalah untuk mencoba sendiri sesuai dengan petunjuk yang diberikan!. 
1. Bukalah aplikasi Microsoft Power Point
2. Buatlah Presentasi dengan Ketentuan sebagai Berikut :
Slide 1 : Judul (Computational thinking)
Slide 2 :
 Identitas Penulis (nama, kelas, no.absen, topik)
Slide 3 : Pokok Bahasan dengan poin-poin (berikan hiperlink untuk tiap point sesuai slidenya)
Slide 4 : Pengertian (berupa Uraian)
Slide 5 : Teknik (bebas)
Slide 6 : Contoh (berupa Tabel)
Tambahkan Desain Background, Transisi, Animasi, ataupun Gambar. Bila perlu tambahkan sound ataupun video. Untuk melengkapi slide presentasi silahkan  memilih gambar-gambar yang sesuai dengan konten tersebut di internet. 
Buatlah semenarik mungkin !
Simpan file dengan format 
Nama Kelas_Nama lengkap_No.absen_PPT
Contoh : 8D_Hani Rafiqo_23_PPT.pptx


Posting Komentar untuk "Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII"