Pengertian Media Sosial
Media sosial lekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Saat ini banyak orang yang aktif di media sosial dengan berbagai kebutuhan. Ada yang berjualan, branding, komunikasi dan juga sekedar mencari hiburan. Media sosial menjadi hal yang wajib diakses setiap saat. Mark Hopkins (2008) berpendapat Sosial media adalah istilah yang tidak hanya mencakup berbagai platform media baru tetapi juga menyiratkan dimasukkannya sistem seperti FriendFeed, Facebook, dan lain-lain yang pada umumnya dianggap sebagai jejaring sosial. Idenya adalah bahwa berbagai platform media yang memiliki komponen sosial dan sebagai media komunikasi publik. Menurut B.K Lewis (2010), Media sosial adalah label bagi teknologi digital yang memungkinkan orang untuk berhubungan, berinteraksi, memproduksi, dan berbagi isi pesan. Varinder Taprial dan Priya Kanwar (2012) menyebutkan bahwa Media sosial adalah media yang digunakan oleh individu agar menjadi sosial, atau menjadi sosial secara daring dengan cara berbagi isi, berita, foto dan lain-lain dengan orang lain. Sedangkan Philip Kotler dan Kevin Lane Keller (2016) berpendapat bahwa Media sosial adalah media yang digunakan oleh konsumen untuk berbagi teks, gambar, suara, dan video informasi baik dengan orang lain maupun perusahaan dan vice versa. Dari pendapat-pendapat diatas dapat kita simpulkan bahwa media sosial merupakan berbagai platform teknologi digital yang dapat digunakan untuk berkomunikasi (baik dalam bentuk pesan, chat, dan video dan berbagi data) dengan orang lain oleh individu ataupun kelompok (perusahaan). Media sosial memungkinkan orang-orang dengan minat yang sama untuk berkomunikasi dan tergabung dalam komunitas. Dengan bergabung dalam komunitas mereka bisa saling berbagi informasi dan pengetahuan.
Fungsi Media Sosial
Fungsi media sosial bisa berbeda-beda sesuai penggunanya. Secara umum media sosial digunakan untuk hal-hal berikut ini :
1. Branding
Media sosial dengan berbagai fitur di dalamnya memberikan kesempatan pada pelaku usaha, influencer, maupun personal untuk melakukan branding dengan mudah. Branding adalah segala usaha yang dilakukan untuk menjadikan sebuah merk atau pun seseorang terkenal. Pengguna media sosial bisa mereview dan memberikan testimoni terhadap postingan yang mereka ikuti. Bahkan mereka bisa merekomendasikan produk tersebut ke teman-temannya yang lain dengan menggunakan fitur tag. Hal itu tentu akan berdampak pada produk yang sedang di branding.
2. Alat Komunikasi
Sebagai alat komunikasi kita bisa menggunakan media sosial untuk berkirim pesan chat suara atau pun video. Dengan media sosial setiap orang bisa membagikan aktivitas sehari-hari kepda orang lain. Bahkan hanya dengan menekan tombol like kita bisa berinteraksi dengan idola kita.
3. Mencari Relasi
Media sosial menghubungkan kita dengan banyak orang yang sama-sama menggunakan media tersebut. Tidak peduli darimana kamu berasal kamu dapat berteman dengan siapa pun di media sosial. Banyak orang menemukan relasi yang berdampak positif untuk karir dan bisnis mereka. Meskipun begitu kita tetap harus waspada karena banyak juga orang yang menjadi korban kejahatan di media sosial
5. Memperluas interaksi Sosial
Dalam dunia nyata beberapa orang kesulitan untuk menunjukkan eksistensinya. Media sosial menjadi jembatan akan hal itu. Ketika jarak dan waktu menjadi penghalang untuk berinteraksi dengan orang lain media sosial menjadi solusinya.
Pengaruh Media Sosial
Media sosial memberikan dampak dalam berbagai bidang seperti :
1. Politik
2. Kesehatan
3. Pemerintahan
4. Bisnis/Perdagangan
5. Hiburan
6. Pendidikan
Jenis-jenis Media Sosial
Begitu banyaknya media sosial yang ada banyak orang bingung memilih aplikasi media sosial yang tepat untuk kebutuhan mereka. Misalnya jika anda seorang influencer anda harus memilih media sosial yang dapat memberi dukungan lebih pada content yang anda buat. Sedangkan bagi seorang pedagang media sosial yang menyediakan fitur jualan dengan mudah tentu menjadi pilihan. Untuk itu kita perlu mengetahui jenis-jenis media sosial seperti berikut ini :
1. Blog
Blog merupakan jurnal pribadi di internet. Secara umum blog digunakan untuk membagikan catatan penggunanya tentang berbagai hal. Penulis blog dikenal dengan istilah blogger. Sebuah blog dikelola oleh blogger penulis tunggal ataupun beberapa penulis. Dalam perkembangannya blog tidak hanya digunakan sebagai catatan tetapi juga untuk branding sebuah produk, toko online, media publikasi, berbagi pengetahuan, membangun jaringan secara online dan menghasilkan uang.
Ada berbagai macam platform blog baik yang berbayar maupun gratisan. Jika anda seorang pemula dalam dunia blogger anda bisa mencoba blogging menggunakan platform blogger ataupun wordpress. Sedangkan blog yang digunakan untuk perusahaan dan tujuan komersil lainnya biasanya menggunakan domain dan hosting berbayar. ebelum membanguns ebah blog sebaiknya kita menentukan dulu jenis blog yang akan dibuat. Berdasarkan formatnya blog dibagi menjadi beberapa jenis seperti :
1. Blog Gratis
Blog yang memanfaatkan platform gratis seperti blogger dan wordpress
2. Blog Niche
Blog Niche merupakan blog yang ditulis dengan tema tertentu seperi olahraga, keuangan, fashion, travelling, kuliner dll.
3. Blog Bisnis
Blog yang digunakan untuk keperluan bisnis atau perusahaan. Blog semacam ini umumnya menampilkan informasi produk, update produk terbaru, ataupun komunikasi dengan pelanggan.
4. Blog Pribadi
Blog pribadi dikelola oleh individu dimana kontennya lekat dengan pribadi pemilik blog. Blog Pribadi dapat diisi dengan kegiatan sehari-hari bloggernya.
5. Blog Citizen Journalism
Blog ini ditulis oleh masyarakat umum atau bukan jurnalis profesional dan paltformnya disediakan oleh pihak tertentu. Penulis tinggal membuat akun paltform tersebut lalu login untuk bisa memuat tulisannya. Contoh blog semacam ini seperti Kompasiana dan idn
2. Social Network
Soscial network atau jejaring sosial menekankan pada terbentuknya hubungan pertemanan diantara para pengguna. Selain itu mereka dapat berbagi pesan, foto, video dan informasi lainnya serta dapat saling memberikan komentar di postingan masing-masing. Social network ini lebih dikenal dengan istilah media sosial. Ada berbagai macam platform media sosial yang populer saat ini yaitu :
a. Facebook
Menurut laporan statista, sebuah portal data terkemuka di dunia. Media sosial yang populer digunakan di Indonesia adalah facebook dengan posisi peringkat ketiga di dunia setelah India dan Amerika Serikat. Begitu banyaknya pengguna facebook di Indonesia tentu saja menjadi pasar yang baik bagi anda yang ingin berbisnis di media sosial ini.
b. Instagram
Instagram adalah aplikasi berbagi foto dan video. Pengguna bise mengambil foto dan video lalu membagikannya ke berbagai media sosial lain ynag terhubung dengan instagram. Saat ini instagram populer untuk mengembnagkan bisnis. Fitur 'stories' sebuah akun instagram sering kali dijadikan acuan untuk mencari produk tertentu. Jika anda serius ingin menggunakan instagram untuk bisnis maka akun instagram pribadi bisa diubah menjadi akun bisnis. Agar mendapatkan fitur bisnis yang lebih lengakap untuk mendukung usaha anda.
c. WhatsApp
Jika dilihat dari fungsinya whatsapp sama dengan fitur SMS yaitu untu mengirimkan pesan. Bedanya SMS menggunakan pulsa sedangkan pesan whatsapp menggunakan kuota internet. Berbagai fitur whatsapp seperti Mengirim pesan teks, foto dari galeri ataupun dari kamera, video, file pekerjaan, telpon suara, share lokasi, share kontak, mengatur profil. Untuk kebutuhan bisnis kini sudah ada aplikasi whatsapp business dengan fitur yang lebih lengkap seperti jawaban otomatis dan katalog. WhatsApp merupakan media sosial yang biasanya digunakan untuk chatting
d. Youtube
Youtube adalah salah satu media sosial yang kontennya berfokus pada video. Hari ini brbagai jenis video bisa kita temukan di youtube dari mulai tutorial, life hack, film,dan berbagai informasi lainya. Profesi sebagai youtuber pun kini diincar banyak orang karena penghasilannya sangat menggiurkan.
e. Tik Tok
Selain youtube aplikasi untuk sharing video yang kini sangat digandrungi remaja adalah tik tok. Orang yang suka membuat conten di tik-tok dikenal dngan nama tiktokers. Sama halnya dengan youtuber penghasilan sebagai tiktoker juga mulai dilirik.
3. Microblogging
Microblogging adalah isti;ah yang digunakan untuk kegiatan menuliskan pesan pendek di media sosial. Biasanya kata-kata yang ditulis kurang dari 200 karakter. Kemampuan otak manusia yang lebih mudah mengenali gambar dan warna menjadikan microblog menarik dan cepat dipahami
4. Media Sharing
Sepertihalnya media sosial yang lain media sharing memungkinkan pengguna untuk berbagi foto dan juga video. Media sharing biasanya berfokus pada posting jenis konten tertentu sepertu foto saja, video ataupun dokumen. contoh media sharing seperti youtube, tik tok, snapchat dan instagram.
5. Forum
Pada layanan forum pengguna dapat berdiskusi tentang topik tertentu yang diminati. Kalian bisa bergabung di forum-forum yang sesuai dengan minat dan kebutuhan. Fitur layanan forum juga bermacam-macam dari yang free atau basic bahkan ada juga yang berlangganan atau berbayar. Contoh layanan forum seperti Quora, brainly, Reddit dan Kaskus Indonesia.
6. Kolaborasi
Layanan kolaborasi
Tips Menggunakan Media Sosial
Dalam bermedia sosial kita tetap harus menggunakan etika sama halnya dengan di kehidupan nyata. Bijaksanalah saat memposting gambar, tulisan atau video . Jangan sampai apa yang kita unggah bertentangan dengan norma dan undang-undang yang berlaku. Belakangan ini banyak orang yang dijerat dengan undang-undang ITE karena melakukan hal-hal yang merugikan orang lain. Ingatlah setiap kita memposting sesuatu apa yang kita post tersebut akan terekam (digital footprint).
Tugas Kelompok
Untuk lebih memahami materi ini kerjakan tugas kolaborasi ini bersama teman-temanmu.
Buatlah kelompok yang terdiri dari 5-6 orang siswa, Salin Slide berikut ini : Template Kolaborasi Dampak Sosial TIK
Cara salin Template Slide : Klik menu File-Make A Copy-Entire Presentation-Ganti Judul engan nama kelompokmu-Lalu klik DONE
Selanjutnya undang teman-teman kelompokmu untuk melengkapi slide tersebut dengan cara tambahkan alamat email mereka dan jadikan sebagai editor.
Cara undang teman klik tombol share pada template yang sudah kamu salin, lalu tambahkan email temanmu dan klik DONE. Teman kalian akan mendapatkan notifikasi di email mereka.
Selamat berkolaborasi
Posting Komentar untuk "Pengenalan Media Sosial "