Soal Computational Thinking SMP Kelas 8

Soal Computational Thinking SMP Kelas 8



    Berikut disajikan soal computational thinking SMP Kelas 8 mata pelajaran Informatika.  Soal-soal ini disusun berdasarkan kompetensi dasar mata pelajaran Informatika tentang Computational Thinking atau berpikir Computational. Sebelum mengerjakan soal-soal berikut ini anda bisa mempelajari materi Computational Thinking terlebih dahulu. Agar bisa menjawab dengan baik dan benar soal-soal yang disajikan. 

Soal Pilihan Ganda

Petunjuk : Pilihlah salah satu jawaban yang benar!

  1. Metode pemecahan masalah dengan mengaplikasikan/melibatkan teknik yang digunakan oleh software engineer dalam menulis program disebut . . . . .

    1. Computational Thinking

    2. Komputer

    3. Google

    4. Instagram

  2. Seorang dokter membaca hasil rontgen paru-paru pasien. kemudian bandingkan hasil rontgen tersebut dengan hasil rontgen pasien sebelumnya. tindakan tersebut dapat dikategorikan sebagai proses....

    1. pengenalan pola

    2. dekomposisi

    3. abstraksi

    4. berpikir algoritma

  3. Ketika ingin mengetahui tinggi dan volume gedung dari tanah sampai puncak, berikut yang sebagian informasinya dapat diabaikan adalah....

    1. ketebalan dinding, panjang gedung, lebar gedung, tinggi gedung, jumlah lantai, dan tinggi masing-masing lantai

    2. warna dinding, panjang gedung, lebar gedung, jumlah lantai, dan tinggi masing-masing lantai

    3. panjang gedung, lebar gedung, tinggi gedung, jumlah lantai, dan tinggi masing-masing lantai

    4. panjang gedung, lebar gedung, dan tinggi masing-masing lantai

  4. Manakah yang TIDAK TERMASUK dalam 4 Keterampilan Utama dalam Berpikir Komputasi?

    1. Abstraction

    2. Algorithm

    3. Pattern Recognition

    4. Composition

  5. +=20

++=12

+=.....

  1. 32

  2. 14

  3. 24

  4. 12

  1. Manfaat komputasional thinking adalah ....

    1. melatih otak berfikir logis, terstruktur dan kreatif seperti seorang ilmwuan komputer

    2. melatih pandai menggunakan komputer

    3. melatih membuat komputer

    4. melatih membuat program komputer

  2. Kemampuan untuk melihat persamaan atau bahkan perbedaan pola, trend dan keteraturan dalam data yang nantinya akan digunakan dalam membuat prediksi dan penyajian data dalam prinsip Computational Thinking disebut . . . . . .

    1. Decomposition

    2. Pattern Recognition

    3. Algorithm Design

    4. Abstraksi

  3. Apa itu pemikiran komputasi?

    1. Memberikan instruksi ke komputer

    2. Berpikir seperti komputer - dalam biner

    3. Menggunakan serangkaian teknik dan pendekatan untuk membantu memecahkan masalah

    4. Memikirkan komputer saat berbuat

  4. Istilah computational thinking pertama kali diperkenalkan pada tahun…

    1. 1980

    2. 1990

    3. 2000

    4. 2010

  5. Berikut ini hal yang berhubungan dengan abstraksi yaitu…

    1. Mengumpulkan berbagai jenis bola

    2. Membagi bahan makanan sesuai resep

    3. fokus pada informasi penting

    4. menyusun jalan pintas menuju ke suatu tempat

  6. Aktivitas yang berkaitan dengan kemampuan untuk dapat memilah informasi yang ada, dari permasalahan yang kompleks menjadi sebuah informasi yang lebih sederhana, disebut dengan ....

    1. Berpikir Komputasional

    2. Pengenalan Pola

    3. Abstraksi

    4. Algoritma

  7. Melakukan identifikasi masalah disebut juga dengan istilah ....

    1. Sensing Problem

    2. Deriving Solutions

    3. Implementing Solution

    4. Evaluating Outcomes

  8. Jordan menebang pohon dan memotongnya sehingga setiap pohon menghasilkan batang pohon yang panjangnya 10 meter. Ali ingin membuat pagar kebun dan membutuhkan kayu sepanjang 3 meter sebanyak 10 batang, dan kayu sepanjang 2 meter sebanyak 7 batang. Ali dapat memotong batang pohon yang sudah dipotong Jordan sesuai dengan keperluannya. Jordan ingin memberikan batang pohon kepada Ali dengan jumlah sesedikit mungkin. Berapa banyaknya batang pohon minimal yang dapat dipakai Ali untuk membuat pagar kebun…

    1. 4

    2. 5

    3. 6

    4. 7

  9. Seekor cacing sedang duduk di ujung cabang sebuah pohon apel. Ia ingin makan semua apel yang ada lewat dahan pohon. Setiap bagian dahan, panjangnya 1 meter. Berapa meter lintasan terpendek yang harus ditempuh untuk makan semua apel yang ada?


  1. 4

  2. 15

  3. 9

  4. 13

  1. Kegiatan berikut yang merupakan contoh algoritma yaitu…

    1. Menjemur pakaian

    2. Memasukkan pakaian ke lemari sesuai jenisnya

    3. Menyimpan hanya pakaian baru

    4. Menyimpan semua pakaian ke satu lemari

  2. Definisi dari dekomposisi yaitu…

    1. memecah masalah kompleks menjadi sederhana

    2. mempunyai kesamaan karakteristik tertentu

    3. memfokuskan pada informasi penting

    4. melakukan sesuatu sesuai urutan

  3. Simbol flowchart berikut berarti…

  1. Terminator

  2. Decision

  3. Process

  4. Input/Output

  1. Tanda panah dalam flowchart mewakili…

    1. Start

    2. decision

    3. Data flow

    4. Process

  2. Guru sedang mendata siswa untuk melengkapi buku induk. Guru tersebut perlu melakukan abstraksi untuk mendapatkan data yang sesuai. Data apa yang seharusnya tidak dimasukkan…

    1. warna mata

    2. usia

    3. nomor telepon

    4. kelas

  3. Ada berapakah Metode berpikir komputasional yang bisa kita gunakan ....

    1. 1

    2. 2

    3. 3

    4. 4


Soal Essay

Petunjuk : Jawablah dengan benar, singkat dan jelas

  1. Apakah yang dimaksud dengan computational thinking?

  2. Sebutkan metode - metode yang bisa digunakan dalam computational Thinking!

  3. Berikan contoh implementasi metode abstraksi dalam kehidupan sehari-hari!

  4. Jelaskan metode algoritma dalam mencuci piring!

  5. Jelaskan tentang dampak penerapan computational thinking!

Jawaban Soal Essay

  1. Computational thinking adalah teknik pemecahan masalah dengan menerapkan ilmu komputer

  2. Metode - metode yang digunakan dalam computational Thinking yaitu:

    1. Dekomposisi

    2. Pattern Recognition

    3. Algoritma

    4. Abstraksi 

  3. Abstraksi adalah teknik untuk menemukan informasi yang penting dan memisahkannya dari informasi yang tidak relevan. Contoh implementasi metode abstraksi dalam kehidupan sehari-hari misalnya saat membersihkan gudang kita hanya fokus pada benda yang masih bisa dipakai atau berguna saja untuk disimpan kembali. Sedangkan benda - benda yang sudah mulai rusak dan tidak bisa digunakan bisa dibuang. 

  4. Algoritma merupakan kemampuan menyusun langkah-langkah penyelesaian masalah dengan berurut. Dalam mencuci piring kita bisa menggunakan algoritma sebagai berikut:

  • Basahi piring 

  • basahi spon dengan sabun cuci piring

  • gosok atau cuci piring hingga bersih

  • bilas piring

  • ulangi sampai semua piring selesai dicuci

  1. Dampak penerapan computational thinking dalam kehidupan sehari-hari yaitu : 

  • memecahkan masalah yang kompleks menjadi lebih sederhana

  • melatih otak untuk berpikir logis, kreatif dan terarah

  • meningkatkan kemampuan memecahkan masalah

Posting Komentar untuk "Soal Computational Thinking SMP Kelas 8"