Belajar Memoles Tulisan


Beberapa bulan yang lalu saya mendapatkan tantangan dari sebuahWAG menulis yang saya ikuti. WAG ini adalah grup dimana saya bergabung untuk menulis cerita dengan tema karakter baik. Saya pernah menulis cerita tapi itu dulu sekali ketika di bangku SMP 20 tahun lebih. Pernah berlanjut saat SMA tapi akhirnya terabaaikan juga. Awal bergabung saya sama sekali tidak punya ide untuk menulis apa. Jadi sambil mencari ide dan me ngumpilkan semangat saya ikuti saja kegiatan di grup tersebut. Salah satunya saat diminta memoles sebuah tulisan. What??? Kalau memoles wajah ayok bisa buka yuotube ini tulisan dipoles. Baru kali ini saya dengar. Nah berikut tulisan yang harus dipoles :


Before
Tamuku

Aku senang banget hari in...karna ada tamu pakarnya penulis
Yang aku amati ternyata kalau seorang penulis itu cenderung diam

Sengaja aku nrocos bicara kesana kemari gak berhenti...beliau 2 tetap diam seribu bahasa
Entah apa yang ada dalam anganya.....
Memang tong kosong berbunyi nyaring itu bener ya

Lalu aku diam  beliau menerangkan satu persatu begini begitu begini begitu...
Dalam hatiku wow ...trs terbayang berarti kalau nulis ...eret eret eret tanpa berfikir tau tau jadi satu buku...luar biasa

Aku sendiri nulis dari sejak aku bisa nulis dan mengenal huruf.....uwak uwik uwak iwuk buntu....gak bisa lanjut.... bleng....

Mangkanya tadi aku gak jadi ikutan ke Toga ....MINDER ..LAH YAW....

Halo teman tolong kasih aku obat minder dong...
Saking aku mikir macem2 ya sudah aku ke blumbang saja hujan2 lihat ikan  yang lagi hepy ...
Tapi diriku ingin bisa seperti mereka.....
Bisa nulis eret eret eret jadi sak buku dibaca nyamleng...ditelash mudah... dibawa mimpi hepy.... Kubilang itu romantis.
.......

ibarat masakan mak nyussssssss
by Sri Utami mz

 Dilihat sekilas tidak ada yang salah dengan tulisan diatas. Bolak - balik saya baca sepertinya tidak ada yang salah. Lalu saya mulai browsing tentang istilah memoles tulisan di internet. Tidak banyak informasi yang saya dapatkan dan tidak ada contoh yang saya temukan. Jadilah saya hanya meraba - raba dan mecoba saja. Memperkirakan bentuk "memoles " yang dimaksud. Setelah diutak - atik jadilah tulisan dibawah ini :

 After
Tamuku

 Aku bahagia sekali hari ini, karena berkesempatan bertemu dengan seorang pakar menulis. Dalam perbincangan kami yang tak berlangsung lama aku berusaha mengamati beliau. Cenderung diam menurutku. Padahal sejak awal bertanya aku menyuarakan hampir semua keingintahuanku tentang dunia menulis.
Entah apa yang ada di benak beliau tentangku. Mungkin dia berpikir aku macam tong kosong berbunyi nyaring. Karena bicaraku kesana kemari saat beliau tetap diam seribu bahasa. Lalu beliau menerangkan satu persatu dengan dengan sistematis dan jelas. Dalam hatiku terkagum-kagum membayangkan kalau beliau ini menulis pasti tanpa berfikir. Dalam sekejap mata jadilah sebuah buku. Luar biasa
Aku sendiri menulis dari sejak aku bisa menulis dan mengenal huruf. Meskipun kadang-kadang tulisannya buntu alias tidak berlanjut. Makanya aku batal ikut pergi ke TOGA minder rasanya. Teman – teman tolong ada yang tahu ngaak apa obat minder? Daripada pikiranku berkelana kemana-mana, akhirnya aku pergi ke blumbang saja. Biasanya hujan-hujan begini kita bisa lihat ikan  yang lagi happy-happy.
Bagaimanapun aku ingin bisa seperti para pakar menulis itu supaya  bisa menulis  srett  srett jadi buku.  Tentunya jadi buku yang enak dibaca hingga terbawa mimpi. Kubilang itu romantic, ibarat masakan mak nyussssssss namanya.

by Sri Utami mz

Event : Tantangan memoles tulisan
Deadline tgl 3-3-2020 pukul 23.59 
Dari dua tulisan diatas bisa diperhatikan bedanya before dan after. Tulisan saya ini memang tidak menang dalam  Event : Tantangan memoles tulisan tapi menurut salah seorang juri caranya sudah benar. Perlu latihan laagi untuk merangkai kata agar lebih "manis". Masih kurang paham, tapi saya bahagia bisa menyelesaikan tantangan. Semangat untuk belajar hal baru. Chayoooo


Posting Komentar untuk "Belajar Memoles Tulisan"