Materi Informatika Kelas 8 Kurikulum Merdeka



     Di kelas VII kita sudah belajar Informatika dengan berpedoman pada Kurikulum Merdeka. Bagaimana pengalaman kamu belajar informatika di kelas 7? tulis di kolom komentar ya. Pada pembelajaran informatika di kelas 7 kita tidak hanya belajar dengan mode plugged di laboratorium komputer. Kita juga belajar mode unplugged dengan menggunakan berbagai media yang ada disekitar kita. Konsep pembelajaran informatika dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan membantu memudahkan pekerjaan kita. Perkembangan dunia ke arah digital menuntut siswa untuk mampu menguasai Teknologi Informasi dan Komunikasi agar dapat berkomunikasi dan belajar dengan mudah. 

Capaian Pembelajaran Fase D


    Capaian Pembelajaran Fase D untuk mata pelajaran Informatika dirumuskan sebagai berikut : 
Pada akhir Fase D, peserta didik: a) mampu menyadari keberadaan perangkat TIK, dirinya, dan orang lain dalam sebuah lingkungan digital serta mampu beretika sebagai warga digital; mampu menjelaskan komponen utama dan fungsi dari sebuah komputer dan bagaimana data dikodifikasi dan disimpan dalam sistem komputer, jaringan komputer, dan internet; b) mampu mengakses, mengolah, dan mengelola data secara efisien, terstruktur, dan sistematis; menganalisis, menginterpretasi, dan melakukan prediksi berdasarkan data dengan menggunakan perkakas atau secara manual; c) mampu menerapkan berpikir komputasional secara mandiri untuk menyelesaikan persoalan dengan data diskrit bervolume kecil dan mendisposisikan berpikir komputasional dalam bidang lain; dan d) mampu mengembangkan atau menyempurnakan program dalam bahasa blok (visual) dan mampu menggunakan berbagai aplikasi untuk berkomunikasi, mencari, dan mengelola konten informasi, serta bergotong royong untuk menciptakan produk dan menjelaskan karakteristik serta fungsi produk dalam laporan dan presentasi yang menggunakan aplikasi.

Materi Informatika SMP Kelas VIII


        Pada Materi Informatika Kelas VIII kita masih akan mempelajari topik berikut ini : 
1. Computational Thinking
2. Teknologi Informasi dan Komunikasi
3. Sistem Komputer
4. Jaringan Komputer dan Internet
5. Analisis Data
6. Algoritma Pemrograman
7. Dampak Sosial Informatika
8. Praktik Lintas Bidang

Persiapan Belajar Informatika di Kelas VIII

               Materi informatika di kelas VIII merupakan lanjutan dari apa yang sudah dipelajari di kelas VII.  Untuk mengingat kembali materi yang pernah dipelajari di kelas 7 anak-anak dapat membuka catatan dan tugas kalian sebelumnya.

Posting Komentar untuk "Materi Informatika Kelas 8 Kurikulum Merdeka "