Belajar online, alternatif belajar baru

Di zaman yang serba digital ini segala hal tidak dapat dipisahkan dengan teknologi. Keberadaan internet dan pendukungnya memberikan kita kemudahan dalam banyak aspek. Tinggal klik saja semua hal bisa kita lakukan. Belanja, ikut kursus, belajar, menikmati hiburan, mengunduh konten, chatting, video call, voice call, berjualan dan lain sebagainya.
Dulu kita harus membeli sebuah buku untuk tahu isinya, bisa juga dengan meminjam di perpustakaan. Namun kendala jarak, waktu, biaya dan tenaga sering menjadi masalah. Sehingga apa yang kita inginkan tidak bisa kita dapatkan. Dalam belajar pun cara konvensional sekarang mulai ditinggalkan. Orang tidak lagi datang ke tempat kursus atau pun memanggil guru privat. Tetapi belajar menggunakan media online. Tinggal download aplikasinya lalu daftar kita bisa belajar dengan nyaman dari rumah bermodal kuota internet.

Berikut aplikasi belajar online yang bisa kamu jadikan pertimbangan untuk belajar secara online :
1. Quipper

Quipper merupakan perusahaan teknologi pendidikan dengan misi memberikan pendidikan terbaik hingga ke daerah terpencil. Berdiri pertama kali pada tahun 2010 di London – Inggris, layanan Quipper saat ini telah dapat dinikmati di beberapa negara seperti Jepang, Filipina, Meksiko dan Indonesia. Sejak tahun 2015 , Quipper telah menjadi bagian dari ekosistem pendidikan Indonesia dengan turut menyediakan, memperbaiki, dan mendistribusikan pendidikan berkualitas untuk guru dan siswa.
2. Ruang Guru
  
Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar dan terlengkap di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan dan telah memiliki lebih dari 6 juta pengguna serta telah mengelola lebih dari 150.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran. Perusahaan ini didirikan sejak tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman, yang keduanya berhasil masuk dalam jajaran pengusaha sukses dibawah 30 tahun melalui Forbes 30 under 30 untuk teknologi konsumen di Asia.


3. KelasKita
   

KelasKita adalah media online yang memudahkan anfa membuat dan mengikuti kelas belajar secara online bersama peserta didik, tim, komunitas, anda. KelasKIta bertujuan untuk berkontribus mencerdaskan Indonesia dengan membuat media belajar online yang mudah, murah, menyenangkan dan bisa diakses darimana saja dan oleh siapa saja di selur dunia. KelasKita juga mencoba menjadi solusi bagi mereka yang ingin meningkatkan kemampuan diri tapi terhalang oleh jarak dan waktu untuk belajar secra rutin di sebuah institusi pendidikan.


4. RumahBelajar

RUMAH BELAJAR merupakan hasil pengembangan portal sebelumnya yang diluncurkan pada 15 Juli 2011, berisi konten bahan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sebagai sumber media pembelajaran. Dengan jargon: Belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja, Rumah Belajar sangat mudah diakses. Begitu di-klik, langsung muncul halaman pertama dengan berbagai menu pilihan kelompok materi belajar. Pada menu Fitur Utama terdapat delapan kelompok konten, yaitu Sumber Belajar, Buku Sekolah Elektronik, Bank Soal, Laboratorium Maya, Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dan Kelas Maya. Sedangkan pada menu Fitur Pendukung terdapat tiga kelompok konten, yaitu Karya Guru, Karya Komunitas, serta Karya Bahasa dan Sastra. Ada pula materi pembelajaran yang terhimpun dalam Fitur Pendukung.


5. Edx


EdX ini adalah sebuah situs besar pendidikan terbuka secara online  (massive open online course alias MOOC). Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan Harvard University menciptakan situs ini di tahun 2012, dengan lebih dari 70 universitas berperingkat dunia, organisasi non profit dan perusahaan papan atas  turut serta. Menurut Wiki pada akhir 2016 edX memiliki 1270 kursus online dan 10 juta pelajar. Pastikan kamu mengerti bahasa inggris ya guess!


6. IniBudi


Inibudi adalah inisiatif pendidikan yang membuat dan membagikan materi digital berupa video belajar berkualitas untuk mempercepat peningkatan mutu dan akses pendidikan di Indonesia.
Inibudi melibatkan partisipasi masyarakat melalui program #GuruBerbudi, #TemanBelajar, dan #DukungBelajar. Didirikan pada 2013, semua video Inibudi dirancang oleh guru dan orang-orang yang kompeten di bidangnya, yang disesuaikan dengan tujuan dan materi kurikulum nasional.




7. Coursera


Coursera adalah salah satu free online course gratis yang mudah diakses dan didukung oleh 16 universitas terkemuka di US, kelas Statistic One saja diikuti oleh 75000 peserta belum kelas kelas yang lain. Info lengkap cek disini.
Pastikan kamu mengerti bahasa inggris ya guess!



8. CodePolitan


Codepolitan adalah salah satu online course yang yang materi kursusnya seputar pemrograman computer, website dan ilmu computer lainnya. Materi belajarnya ada yang berbentuk teks juga video. Ada fitur belajarn gratis bagi yang ingi mencoba dulu. Tapi kalau mau lebih paham dan gterstruktur belajarnya kalian bisa coba kelas premium sesuai dengan course yang diinginkan.



9. Wolfram Alpha


WolframAlpha adalah answer engine yang dikembangkan oleh Wolfram Research. Wolfram Alpha ini dikembangkan oleh Wolfram Research yang dikepalai oleh Stephen Wolfram sejak tahun 1987, tapi Wolfram Alpha ini sendiri di release ke publik pada tanggal 15 Mei 2009 . Wolfram Alpha ini hadir dengan tagline nya “Computational Knowledge Engine” artinya kita bisa memasukkan berbagai pertanyaan dan komputer akan berusaha mencarikan jawabannya.Merupakan layanan online yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan secara faktual dengan menghitung jawaban secara terstruktur. Wolfram Alpha memanfaatkan basis data terstruktur yang dimilikinya, yang kemudian diolah dengan peranti lunak. Bila search engine lain hanya dapat menampilkan informasi yang tersedia bebas di web, Wolfram Alpha memanfaatkan kumpulan data yang sudah dilisensi dan dinilai para pakar, serta informasi offline.




10.Brainly
Brainly adalah komunitas pembelajaran peer-to-peer dan perusahaan teknologi pendidikan yang berbasis di New York City, New York, Amerika Serikat dan Krakow, Polandia. Brainly mengoperasikan sekelompok jaringan pembelajaran sosial untuk siswa, orang tua, dan pendidik. Brainly menghadirkan cara baru yang lebih menyenangkan dalam mempelajari berbagai literatur dan ilmu pengetahuan. Brainly mempertemukan siswa dan tenaga pendidik dalam sebuah platform mobile nan ringkas. Siswa dapat mengajukan pertanyaan, dan sebaliknya tenaga pendidik bisa memberikan jawaban terbaiknya. Segala aktivitas dan subjek pertanyaan atau jawaban dapat dipantau secara real-time, di manapun dan kapanpun.



11.Khan Academy
Khan Academy adalah organisasi nonprofit dengan misi memberikan pendidikan kelas dunia secara gratis untuk siapa pun, di mana pun. Kontennya disusun oleh para pakar, perpustakaan latihan dan praktik yang tepercaya di Khan Academy meliputi matematika, sains, dan lainnya. Selalu gratis untuk siswa dan guru.

12.Zenius
Misi utama Zenius adalah menumbuhkan rasa penasaran dan cinta akan proses belajar di dalam diri semua orang di mana pun dia berada, maka segala bentuk proses belajar dapat dilakukan dengan penuh semangat dan penuh rasa kemerdekaan. Dengan semangat kemerdekaan belajar itu, membangun Zenius untuk bisa bersama-sama merangkai Indonesia yang cerdas dan cerah.


13.Cakap
Cakap adalah platform untuk belajar Bahasa seperti Bahasa inggris dan bhasa mandarin. Peserta bisa berdiskusi secara interaktif melalui video call. Cakap menghapus rintangan jarak dan waktu untuk belajar bahsa asing dimanapun dan kapan pun. Disini kalian juga akan bertemu teman baru dari berbagai belahan dunia.


14.DuoLingo
DuoLingo sejenis dengan cakap sama – sama untuk belajar Bahasa. Bedanya pada DuoLingo pelajaran menyesuaikan gaya belajarmu. Latihan-latihannya disusun untuk membantumu belajar dan meninjau kosakata secara efektif. Dalam setiap pelajaran ada permainan yang menyenangkan, dapatkan koin virtual, buka level baru, dan lihat skor kefasihanmu meningkat seiring dengan kemampuanmu menguasai kata-kata, frasa-frasa, dan tata bahasa baru.

15.Bahaso
Bahaso adalah platform untuk belajar Bahasa asing Di akhir kelulusan Anda akan mendapatkan sertifikat yang akan memberikan banyak manfaat untuk Anda seperti melamar pekerjaan dan mendaftar kuliah. Sertifikat ini dikeluarkan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Anda bisa mengakses materi pembelajaran tak terbatas selama 24 jam dan 7 hari dalam seminggu. Kapanpun dan dimanapun Anda bebas untuk belajar.



16.Memrise
Di Memrise kita bisa belajar Bahasa dari native speaker yang mengajari kamu bagaimana pengucapan yang benar melalui fitur Belajar dengan Orang Lokal. Semuanya direkam langsung di negara mereka dalam bentuk video. Ada fitur gratis untu pemula, tapi untuk tingkatan yang lebih sulit berbayar. Versi androidnya bahkan jadi Best App Google Play Award 2017.


Demikian beberapa yang saya rangkum dari hasil berkelanan di internet. Kalau anda mau tahu lebih banyak anda bisa surfing lagi di Google. Sebelum menentukan kursus online mana yang akan anda ambil. Anda bisa pelajari masing – masing aplikasi dengan mengunjungi websitenya dan mencermati review dari para pengguna yang sudah menggunakan aplikasi tersebut. Selamat Belajar. Jangan biarkan kendala jarak dan waktu menghalangi kita untuk mempelajari ilmu baru. Jangan takut gagal, we don’t know before we try.




1 komentar untuk "Belajar online, alternatif belajar baru"