BUDAYA KERJA MASYARAKAT DIGITAL

Pengertian Budaya Kerja

Budaya Kerja : merpakan sekumpulan pola/prilaku yang melekat secara keseluruhan pada diri setiap individu dalam sebuah organisasi.
Hadari Nawawi (Buku Manajemen Sumber Daya Manusia)
Perilaku yang dilakukan berulang/ulangoleh setaip individu dalam suatu organisasi dan telah menjadi kebiasaan dalam pelaksaan pekerjaan
Triguno (Buku Manajemen Sumber Daya Manusia)
Falsafah yang didasari oleh pandangan hidup sebagai nilai-nilai yang menjadi sifat, kebiasaan, cita-cita, pendapat dan tindakan yang terwujud sebagai kerja atau bekerja
  
Taliziduhu (Buku Teori Budaya Kerja)
Merupakan sekelompok pikiran dasar atau program mental yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan efisiensi kerja dan kerjasama manusia yang dimiliki oleh suatu golongan.
Osborn dan Plastrik (Buku Manajemen Sumber Daya Manusia)
Bekerja adalah seperangkat perilaku perasaan dan kerangka psikologis yang terinternalisasi sangat mendalam dan dimiliki bersama anggota organisasi

Proses terbentuknya Budaya Kerja

Budaya kerja berbeda anatar organisasi satu dengan yang lainnya. Hal ini dikarenakan landasan dan sikap perilaku yang dicerminkan setiap orang dalam organisasi berbeda
Budaya kerja yang terbentuk secara positif tentu akan bermanfaat karena setiap anggota organisasi membutuhkan saran, pendapat bahkan krikitik yang bersifat membangun dari lingkup pekerjaannya.
 
Elemen Pembentuk Budaya Kerja
Disiplin
Keterbukaan
Saling menghargai
Kerjasama
Prinsip terbentuknya Budaya Kerja
      Pada prinsipnya fungsi budaya kerja membangun keyakinan sumber daya manusia atau menananmkan niulai-nilai tertentu yang melandasi dan mempengaruhi sikap dan perilaku yang konsisten serta komitmen membiasakan suatu cara kerja di lingkungan masing-masing. 
Pembentukan Budaya kerja dengan membiasakannya berkualitas  
Dengan membiasakan kerja berkualitas , seperti berupaya melakukan cara kerja tertentu, sehingga  hasilnya sesuai dengan standar atau kualifikasi yang ditentukan organisasi. Berdasarkan pandangan mengenai manfaat budaya kerja, dapat ditarik suatu deskripsi sebenarnya bahwa manfaat budaya kerja adalah untuk meningkatkan  kualitas sumber daya manusia, kualitas hasil kerja, kuantitas hasil kerja sehingga sesuai yang diharapkan.



Unsur-unsur Budaya Kerja
Budaya kerja berpijak dari nilai-nilai yang dimiliki oleh bangsa atau masyarakat indonesia yang diolah sedemikian rupa menjadi nilai-nilai baru yang akan menjadi sikap dan perilaku manajemen yang diharapkan dalam upaya menghadapi tantangan baru

Pembagian Unsur Budaya Kerja

a)Sikap terhadap pekerjaan,kesukaan akan pekerjann dibandingkan dengan kegiatan lain
b)Perilaku pada waktu bekerja, seperti rajin , berdidikasi, bertanggung jawab , teliti, cermat dll
Unsur-unsur Budaya Organisasi
         a)Falsafah, nilai-nilai luhur Pancasila, UUD 1945, agama , tradisi, teknologi 
         b)Kualitas, yakni dimensi yang melipiti performance, features, conformance, durability, serviceability, aesthetics, value, responsevness, humanity, security dan competency 
         c)Nilai-nilai instrumen, yakni standar mutu,hubungan pemasok-pemasok , orientasi pencegahan, mutu dan setiap sumber, dan penyempurnaan terus menerus  
 Indikator Budaya Kerja
  1. Kebiasaa
  2. Peraturan
  3. Nilai-nilai 
Perilaku Pegawai dalam Budaya Kerja
Unsur pokok dari perilaku pegawai ialag beberapa jenis kegiatan, apakah yang bersifat fisik atau    mental. Perilaku pegawai sebagai suatu rangkaian kegiatan. Sedangkan kegiatan itu selalu  berorientasi kepada ssasaran atau tujuan. Oleh karena itu mereka harus dibina dan diberikan motivasi.

Motivasi mempengaruhi perilaku pegawai

Motivasi menyangkut reaksi berantai, yaitu dimulai dari kebutuhan yang dirasakan lalu timbul keinginan atau sasaran yang hendak dicapai.
Faktorfaktor yang mempengaruhi perilaku pegawai
Motivasi
Sikap
Keyakinan
Imbalan dan hukuman
 
Cara menumbuhkan Budaya kerja
Cari dan temukan passionmu
Selalu mencoba, Mencoba, dan Mencoba Lagi
Sharing dengan banyak orang yang membutuhkan dan mencari solusi dengan cara berbagi pengetahuan
Banyak membaca
Mengumpulkan data dalam mengambil keputusan
Tanggung Jawab
 
 

Posting Komentar untuk "BUDAYA KERJA MASYARAKAT DIGITAL"