Identifikasi masalah dan judul PTK


Pengertian masalah adalah adanya kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Contoh : harapan siswa aktif, kenyataan siswa pasif. Untuk itu kriteria masalah PTK bisa dirumuskan sebagai berikut :
1.      Masalah bersifat konkret dan  berada dalam kewenanangan guru untuk dipecahkan
2.      Masalah dari refleksi awal pembelajaran
3.      Masalah harus bersifat problematic, benar-benar mendesak untuk diselesaikan. Carilah masalah yang paling ingin diselesaikan.
4.      Daya dukung penelitian
5.      Pemecahan masalah bermanfaat bagi stakeholder sekolah (siswa, guru, sekolah)
6.      Menghasilkan inovasi pembelajaran dilakukan dengan inovasi tertentu.
Pertanyaan tentang identifikasi masalah biasanya terkait hal-hal berikut ini :
1.      Apa yang sedang terjadi di kelas?
2.      Masalah apa yang ditimbulkan oleh kejadian tersebut?
3.      Apa pengaruh kejadian tersebut bagi kelas yang diteliti?
4.      Apa yang akan terjadi jika masalah tersebut dibiarkan?
5.      Apa yang peneliti dapat lakukan untuk mengatasi masalah tersebut atau memperbaiki situasi tersebut.
Tahapan identifikasi
·         Analisis bentuk kesulitan belajar peserta didik
·         Analisis kelemahan dalam PBM di kelas (pada komponen apa yang menjadi penyebab dalam kesulitan diatas)
·         Tentukan salah satunya yang anda pandang mendesak untuk dibenahi
·         Deskripsikan beberapa bentuk alternative tindakan (pendekatan model, strategi, atau metode pembelajaran yang mungkin bisa dilakukan)
·        Tentukan salah satu yang anda anggap paling tepat
Oleh : Lukman Hakim
@Kelasku Online



Posting Komentar untuk "Identifikasi masalah dan judul PTK"