Pengertian
masalah adalah adanya kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Contoh :
harapan siswa aktif, kenyataan siswa pasif. Untuk itu kriteria masalah PTK bisa
dirumuskan sebagai berikut :
1. Masalah
bersifat konkret dan berada dalam
kewenanangan guru untuk dipecahkan
2. Masalah
dari refleksi awal pembelajaran
3. Masalah
harus bersifat problematic, benar-benar mendesak untuk diselesaikan. Carilah
masalah yang paling ingin diselesaikan.
4. Daya
dukung penelitian
5. Pemecahan
masalah bermanfaat bagi stakeholder sekolah (siswa, guru, sekolah)
6. Menghasilkan
inovasi pembelajaran dilakukan dengan inovasi tertentu.
Pertanyaan
tentang identifikasi masalah biasanya terkait hal-hal berikut ini :
1. Apa
yang sedang terjadi di kelas?
2. Masalah
apa yang ditimbulkan oleh kejadian tersebut?
3. Apa
pengaruh kejadian tersebut bagi kelas yang diteliti?
4. Apa
yang akan terjadi jika masalah tersebut dibiarkan?
5. Apa
yang peneliti dapat lakukan untuk mengatasi masalah tersebut atau memperbaiki
situasi tersebut.
Tahapan
identifikasi
·
Analisis bentuk kesulitan belajar
peserta didik
·
Analisis kelemahan dalam PBM di kelas
(pada komponen apa yang menjadi penyebab dalam kesulitan diatas)
·
Tentukan salah satunya yang anda pandang
mendesak untuk dibenahi
·
Deskripsikan beberapa bentuk alternative
tindakan (pendekatan model, strategi, atau metode pembelajaran yang mungkin
bisa dilakukan)
· Tentukan salah satu yang anda anggap
paling tepat
Oleh
: Lukman Hakim
@Kelasku
Online
Posting Komentar untuk "Identifikasi masalah dan judul PTK"