Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) atau Class Action Research terkait dengan penelitian yang
dilakukan oleh guru. Menyangkut refleksi diri untuk memperbaiki kinerja guru.
Penelitian ini biasanya trdiri dari beberap siklus dan bersifat kolaboratif.
Pengamatn yang dilakukan harus benar-benar valid. Kolaborasi bisa dilakukan
dengan teman satu mapel atau beda mapel bersifat umum untuk mengamati jalannya
pembelajaran.
Karakteristik
PTK :
·
Permasalahan dari proses pembelajaran di
kelas (model, media, metode, strategi)
·
Perbaikan proses pembelajaran di kelas
yang dilihat adalah apa yang terjadi sebelum dan sesudah treatmen diberikan
·
Ruang lingkupnya bersifat mikro ( subjek
tertentu, materi tertentu, dilaksanakan pada kelas tertentu, perlakuan
tertentu, tidak bisa digeneralisasi,
jika dilkukan di kelas lain hasilnya bisa sama bisa juga berbeda.
Tujuan
PTK :
1. Memperbaiki
kesulitan praktik mengajar di kelas
2. Meningkatkan
hasil belajar bisa secara afektif, kognitif, atau psikomotorik
3. Menerapkan
pembelajaran yang inovatif dan kreatif
4. Keberhasilan
PTK akan meningkatkan mutu lembaga
Bidang
kajian PTK
1. Praktik
kualitas pembelajaran
2. Strategi
pembelajaran (yang dimaksud adalah model dan metode : PBL, jigsaw, NHT, TAI)
3. System
penilaian (HOTS)
4. Inovasi
pembelajaran yang bermakna( kontekstual / koperatif)
5. Penggunaan
IT dalam pembelajaran
Oleh
: Lukman Hakim
@Kelasku
Online
Posting Komentar untuk "Teori dan Ruang Lingkup PTK"