Teori dan Ruang Lingkup PTK


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Class Action Research terkait dengan penelitian yang dilakukan oleh guru. Menyangkut refleksi diri untuk memperbaiki kinerja guru. Penelitian ini biasanya trdiri dari beberap siklus dan bersifat kolaboratif. Pengamatn yang dilakukan harus benar-benar valid. Kolaborasi bisa dilakukan dengan teman satu mapel atau beda mapel bersifat umum untuk mengamati jalannya pembelajaran.
Karakteristik PTK :
·           Permasalahan dari proses pembelajaran di kelas (model, media, metode, strategi)
·           Perbaikan proses pembelajaran di kelas yang dilihat adalah apa yang terjadi sebelum dan sesudah treatmen diberikan
·           Ruang lingkupnya bersifat mikro ( subjek tertentu, materi tertentu, dilaksanakan pada kelas tertentu, perlakuan tertentu, tidak bisa digeneralisasi,  jika dilkukan di kelas lain hasilnya bisa sama bisa juga berbeda.
Tujuan PTK :
1.      Memperbaiki kesulitan praktik mengajar di kelas
2.      Meningkatkan hasil belajar bisa secara afektif, kognitif, atau psikomotorik
3.      Menerapkan pembelajaran yang inovatif dan kreatif
4.      Keberhasilan PTK akan meningkatkan mutu lembaga
Bidang kajian PTK
1.      Praktik kualitas pembelajaran
2.      Strategi pembelajaran (yang dimaksud adalah model dan metode : PBL, jigsaw, NHT, TAI)
3.      System penilaian (HOTS)
4.      Inovasi pembelajaran yang bermakna( kontekstual / koperatif)
5.      Penggunaan IT dalam pembelajaran

Oleh : Lukman Hakim
@Kelasku Online

Posting Komentar untuk "Teori dan Ruang Lingkup PTK"