Soal Latihan KKA Kelas 7

Soal Latihan KKA Kelas 7


Petunjuk : Pilihlah Jawaban yang dianggap paling benar!

Soal Pilihan Ganda

  1. Seorang guru ingin membuat algoritma untuk mencatat nilai siswa. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah...
    A. Menghitung nilai siswa
    B. Memasukkan data nilai siswa
    C. Menentukan kriteria nilai
    D. Menyusun laporan nilai

  2. Dalam sebuah flowchart, simbol oval biasanya digunakan untuk...
    A. Menandai awal dan akhir proses
    B. Menunjukkan keputusan
    C. Menandai proses utama
    D. Menghubungkan antar langkah

  3. Bila algoritma memiliki langkah yang berulang sampai kondisi tertentu tercapai, langkah itu disebut...
    A. Sequencing
    B. Looping
    C. Decision-making
    D. Debugging

  4. Dalam flowchart, panah berfungsi untuk...
    A. Menunjukkan urutan langkah yang harus diikuti
    B. Menyatakan proses selesai
    C. Menampilkan pilihan
    D. Menyimpan data

  5. Seorang siswa membuat algoritma pengurutan angka dari kecil ke besar. Algoritma tersebut dinamakan...
    A. Searching
    B. Sorting
    C. Looping
    D. Decoding

  6. Studi kasus: Ani ingin membuat flowchart untuk menentukan apakah ia harus membawa payung. Jika cuaca hujan, Ani membawa payung, jika tidak hujan, ia tidak membawa payung. Simbol apa yang digunakan untuk menunjukkan keputusan tersebut?
    A. Oval
    B. Persegi panjang
    C. Belah ketupat
    D. Panah

  7. Jika sebuah algoritma salah urutan langkahnya, apa akibat yang mungkin terjadi?
    A. Program tetap berjalan dengan lancar
    B. Program menghasilkan hasil yang salah atau error
    C. Program menjadi lebih cepat
    D. Program mengurangi memori

  8. Dalam computational thinking, proses mengurangi detail tidak penting agar fokus pada hal utama disebut...
    A. Decomposition
    B. Abstraction
    C. Pattern recognition
    D. Algorithm design

  9. Seorang guru ingin membuat algoritma pengolahan data absensi siswa. Algoritma harus dimulai dengan langkah apa?
    A. Menghitung jumlah siswa
    B. Memasukkan data absensi setiap siswa
    C. Mencetak laporan absensi
    D. Membersihkan data lama

  10. Studi kasus: Dalam sebuah flowchart, terdapat sebuah keputusan dengan panah "Ya" dan "Tidak". Jika kondisi "Ya" dipilih, program lanjut ke langkah proses. Jika "Tidak", program berhenti. Simbol apa yang menghubungkan proses ini?
    A. Panah
    B. Oval
    C. Belah ketupat
    D. Persegi panjang

  11. Algoritma yang terdiri dari langkah-langkah yang berurutan tanpa cabang disebut...
    A. Looping
    B. Sequencing
    C. Condition
    D. Iteration

  12. Dalam penyusunan algoritma, penting untuk memperhatikan...
    A. Urutan langkah yang jelas dan logis
    B. Menambahkan langkah sebanyak mungkin
    C. Menghilangkan pengkondisian
    D. Mengabaikan hasil akhir

  13. Jika sebuah flowchart menggambarkan proses yang selalu berulang dengan kondisi tertentu, simbol apa yang paling penting?
    A. Simbol proses
    B. Simbol input/output
    C. Simbol decision
    D. Simbol terminator

  14. Studi kasus: Rudi ingin membuat algoritma untuk memilih menu makanan berdasarkan pilihan pengguna. Jika pengguna memilih "1", tampilkan nasi goreng, jika memilih "2", tampilkan mie ayam, selain itu tampilkan pesan error. Algoritma tersebut menggunakan konsep...
    A. Looping
    B. Sequencing
    C. Pengkondisian
    D. Debugging

  15. Dalam computational thinking, mengidentifikasi pola berulang dalam sebuah masalah disebut...
    A. Abstraction
    B. Decomposition
    C. Pattern recognition
    D. Algorithm design

  16. Pada flowchart, simbol apa yang digunakan untuk menunjukkan data yang masuk atau keluar?
    A. Persegi panjang
    B. Belah ketupat
    C. Parallelogram
    D. Oval

  17. Studi kasus: Seorang siswa membuat algoritma untuk menentukan apakah sebuah angka genap atau ganjil. Langkah pertama adalah...
    A. Memeriksa apakah angka dibagi 2 menghasilkan sisa 0
    B. Menentukan angka genap
    C. Menampilkan hasil
    D. Membagi angka dengan 2

  18. Jika sebuah algoritma ingin diulang sebanyak 5 kali, konsep apa yang digunakan?
    A. Pengkondisian
    B. Looping atau iterasi
    C. Decomposition
    D. Abstraction

  19. Dalam flowchart, simbol apa yang menunjukkan proses atau tindakan tertentu?
    A. Persegi panjang
    B. Oval
    C. Panah
    D. Belah ketupat

  20. Jika dalam algoritma terdapat pilihan "jika kondisi benar lakukan A, jika salah lakukan B", ini menggunakan struktur...
    A. Looping
    B. Pengkondisian
    C. Iterasi
    D. Decomposition

  21. Studi kasus: Seorang programmer membuat flowchart pembayaran tiket. Setelah memilih jenis tiket, pengguna memasukkan jumlah uang, kemudian sistem menghitung kembalian. Simbol apa yang digunakan untuk proses perhitungan?
    A. Belah ketupat
    B. Oval
    C. Persegi panjang
    D. Parallelogram

  22. Computational thinking membantu siswa terutama dalam...
    A. Menghafal kode program
    B. Menyelesaikan masalah dengan cara logis dan sistematis
    C. Menggunakan komputer tanpa memahami
    D. Menulis karya sastra

  23. Studi kasus: Sebuah flowchart mencakup langkah-langkah menginput nama, memeriksa apakah nama terdapat di database, dan menampilkan hasil. Simbol apa yang dipakai untuk memeriksa kondisi tersebut?
    A. Persegi panjang
    B. Parallelogram
    C. Belah ketupat
    D. Oval

  24. Dalam algoritma, langkah “jika nilai lebih besar dari 75, cetak ‘Lulus’, jika tidak, cetak ‘Tidak Lulus’” adalah contoh...
    A. Proses berulang
    B. Pengkondisian
    C. Input/output
    D. Debugging

  25. Dalam flowchart, simbol panah berfungsi untuk...
    A. Menunjukkan arah alur proses
    B. Menyatakan proses selesai
    C. Menampilkan keputusan
    D. Menyimpan data


Kunci Jawaban dan Penjelasan

  1. B - Data harus dimasukkan terlebih dulu sebagai langkah awal.

  2. A - Oval menandai titik awal dan akhir proses dalam flowchart.

  3. B - Looping adalah langkah berulang sampai kondisi terpenuhi.

  4. A - Panah menghubungkan langkah-langkah secara berurutan.

  5. B - Sorting adalah pengurutan data.

  6. C - Belah ketupat merupakan simbol keputusan dalam flowchart.

  7. B - Urutan langkah salah bisa menyebabkan error atau hasil salah.

  8. B - Abstraksi menghilangkan detail tidak penting untuk fokus utama.

  9. B - Memasukkan data absensi adalah langkah awal pemrosesan.

  10. A - Panah menghubungkan langkah-langkah berbeda dalam flowchart.

  11. B - Sequencing adalah langkah berurutan tanpa cabang.

  12. A - Urutan yang jelas dan logis penting dalam algoritma.

  13. C - Decision penting untuk menggambarkan kondisi yang menentukan alur.

  14. C - Konsep pengkondisian digunakan untuk memilih berdasarkan pilihan.

  15. C - Pattern recognition mengidentifikasi pola dalam data atau masalah.

  16. C - Parallelogram adalah simbol input/output dalam flowchart.

  17. A - Memeriksa sisa hasil bagi menentukan genap atau ganjil.

  18. B - Looping memungkinkan pengulangan langkah.

  19. A - Persegi panjang untuk menunjukkan proses atau tindakan.

  20. B - Pengkondisian memilih antara dua atau lebih jalur.

  21. C - Persegi panjang mewakili proses perhitungan.

  22. B - Computational thinking memudahkan pemecahan masalah secara logis.

  23. C - Belah ketupat untuk pengambilan keputusan.

  24. B - Contoh pengkondisian sederhana pada algoritma.

  25. A - Panah menunjukkan alur langkah dalam flowchart.

Mau main game? KLIK DISINI


Posting Komentar untuk "Soal Latihan KKA Kelas 7"