SOAL LATIHAN SAS KODING DAN KECERDASAN ARTIFISIAL KELAS 7

SOAL LATIHAN SAS KODING DAN KECERDASAN ARTIFISIAL KELAS 7



Petunjuk : Pilihlah Jawaban yang dianggap paling benar!

Soal Pilihan Ganda

  1. Apa tujuan utama dari computational thinking dalam pemecahan masalah?
    A. Menghafal kode program
    B. Membagi masalah menjadi bagian kecil untuk diselesaikan
    C. Menulis program dengan cepat
    D. Menggunakan sebanyak-banyaknya algoritma

  2. Algoritma yang efisien akan memiliki ciri…
    A. Langkahnya banyak dan berulang-ulang
    B. Langkahnya sedikit dan terstruktur
    C. Langkahnya acak dan fleksibel
    D. Langkahnya tanpa aturan yang jelas

  3. Dalam flowchart, simbol apa yang biasanya digunakan untuk menunjukkan proses?
    A. Persegi panjang
    B. Belah ketupat
    C. Lingkaran
    D. Panah

  4. Jika sebuah algoritma tidak memiliki urutan langkah yang jelas, maka …
    A. Program akan berjalan dengan cepat
    B. Program akan sulit diikuti dan membingungkan
    C. Program lebih mudah dimengerti
    D. Program tidak perlu diuji

  5. Flowchart bermanfaat untuk…
    A. Membuat desain visual langkah-langkah solusi masalah
    B. Mengganti kode program
    C. Menyimpan data sementara
    D. Menghubungkan program ke internet

  6. Jika langkah dalam algoritma memiliki kondisi "jika... maka...", ini disebut…
    A. Looping
    B. Pengkondisian
    C. Variabel
    D. Debugging

  7. Dalam algoritma pencarian, apa yang perlu dilakukan pertama kali?
    A. Menghapus data
    B. Memeriksa setiap data satu per satu
    C. Memasukkan data baru
    D. Menentukan data yang dicari

  8. Apa yang terjadi jika flowchart tidak memiliki simbol "decision" untuk pengkondisian?
    A. Program akan lebih cepat dijalankan
    B. Tidak bisa menggambarkan pilihan alternatif dalam proses
    C. Program akan tidur sementara
    D. Program menjadi sangat kompleks

  9. Dalam computational thinking, prinsip “decomposition” berarti…
    A. Menghapus data lama
    B. Membagi masalah besar menjadi bagian kecil
    C. Mengoptimalkan program
    D. Menulis kode tanpa kesalahan

  10. Apa yang dimaksud dengan debugging dalam pemrograman?
    A. Menulis kode
    B. Memperbaiki kesalahan dalam program
    C. Menjalankan program
    D. Membuat flowchart

  11. Jika sebuah flowchart memiliki panah yang bercabang menjadi dua, maka biasanya berarti…
    A. Proses ulang
    B. Ada pengkondisian atau keputusan
    C. Akhir dari program
    D. Awal dari proses

  12. Algoritma dalam pemrograman harus memenuhi syarat…
    A. Jelas, terbatas, dan dapat diulang
    B. Panjang dan rumit
    C. Umum dan fleksibel
    D. Hanya untuk komputer

  13. Pada flowchart, simbol belah ketupat digunakan untuk…
    A. Menandai langkah proses
    B. Menghubungkan langkah
    C. Menampilkan keputusan atau kondisi
    D. Menyimpan data

  14. Computational thinking akan membantu seseorang untuk…
    A. Mengoperasikan komputer
    B. Memecahkan masalah dengan cara yang terstruktur
    C. Memori jangka pendek
    D. Menghafal banyak istilah

  15. Algoritma yang menggunakan langkah berulang disebut…
    A. Linear
    B. Simetris
    C. Looping atau iterasi
    D. Dekompisi

  16. Bagaimana cara melakukan pemeriksaan kesalahan pada algoritma?
    A. Mencoba sendiri langkah demi langkah
    B. Mengabaikan kesalahan kecil
    C. Menghapus semua langkah
    D. Menulis ulang tanpa membaca

  17. Dalam sebuah flowchart, jika ada dua panah keluar dari simbol pengkondisian, maka artinya…
    A. Proses mengulang dua kali
    B. Dua kemungkinan jalan proses tergantung kondisi
    C. Proses berakhir
    D. Tidak ada artinya

  18. Algoritma yang dibuat untuk mengurutkan data dari kecil ke besar disebut…
    A. Search
    B. Sort
    C. Loop
    D. Condition

  19. Dalam computational thinking, pola yang digunakan untuk menyelesaikan masalah yang berulang disebut…
    A. Pengkondisian
    B. Abstraksi
    C. Pola iterasi
    D. Debugging

  20. Flowchart yang baik harus…
    A. Kompleks dan panjang
    B. Mudah dibaca dan mengikuti logika
    C. Menggunakan warna-warni
    D. Sering berubah

  21. Apa komponen utama dalam algoritma?
    A. Input, proses, output
    B. Warna, bentuk, ukuran
    C. Panjang kode, komentar, variabel
    D. Flowchart, gambar, simbol

  22. Saat menyusun algoritma, perhatikan…
    A. Urutan yang logis dan hasil yang jelas
    B. Banyak modifikasi nanti saja
    C. Gunakan istilah asing sebanyak mungkin
    D. Lebihkan catatan daripada kode

  23. Apa fungsi panah dalam flowchart?
    A. Menghubungkan langkah-langkah secara berurutan
    B. Menandai proses utama
    C. Menyimpan data sementara
    D. Menampilkan pilihan

  24. Dalam algoritma, jika ada dua atau lebih langkah yang bisa dilakukan secara bersamaan, ini disebut…
    A. Paralel
    B. Urutan
    C. Pengkondisian
    D. Loop

  25. Bagaimana cara computational thinking membantu siswa dalam belajar coding?
    A. Dengan mengajarkan cara menghafal kode
    B. Dengan melatih cara berpikir sistematis dan logis dalam menyelesaikan masalah
    C. Dengan memperbanyak latihan mengetik
    D. Dengan mempercepat proses debugging

  26. Algoritma yang menggunakan perulangan agar prosesnya diulang sampai kondisi terpenuhi disebut…
    A. Pengkondisian
    B. Looping
    C. Perbandingan
    D. Pembacaan

  27. Dalam flowchart, simbol oval biasanya digunakan untuk…
    A. Simbol awal dan akhir proses
    B. Menunjukkan proses utama
    C. Menyatakan keputusan
    D. Menghubungkan langkah

  28. Saat membuat algoritma, input berfungsi untuk…
    A. Menyimpan data yang akan diproses
    B. Mengontrol data keluar
    C. Menulis kode utama
    D. Menentukan warna tampilan

  29. Dalam computational thinking, abstraksi berarti…
    A. Mengurangi detail tidak penting agar fokus pada yang utama
    B. Membuat kode lebih panjang
    C. Mengubah semua data jadi angka
    D. Menyimpan data lama

  30. Apa yang harus dilakukan jika algoritma yang dibuat tidak berjalan dengan benar?
    A. Memperbaiki atau debug algoritma tersebut
    B. Mengabaikannya
    C. Menghapus semua kode
    D. Menyerah


Kunci Jawaban dan Penjelasan

  1. B - Membagi masalah menjadi bagian kecil membantu menyelesaikan masalah lebih mudah dan terstruktur.

  2. B - Algoritma yang baik memiliki langkah minimal tapi jelas dan terstruktur agar efisien.

  3. A - Persegi panjang pada flowchart menunjukkan proses atau langkah yang harus dilakukan.

  4. B - Tanpa urutan langkah yang jelas, program sulit diikuti dan bisa salah.

  5. A - Flowchart memvisualisasikan langkah-langkah penyelesaian masalah secara grafis.

  6. B - "Jika... maka..." adalah pengkondisian dalam algoritma.

  7. D - Tentukan dulu data yang dicari kemudian lakukan pemeriksaan.

  8. B - Simbol decision penting untuk menunjukkan pilihan alternatif.

  9. B - Decomposition berarti memecah masalah besar jadi lebih kecil agar mudah diselesaikan.

  10. B - Debugging adalah proses mencari dan memperbaiki kesalahan program.

  11. B - Cabang panah berarti ada pengkondisian atau keputusan dalam alur proses.

  12. A - Algoritma harus jelas, terbatas, dan langkahnya bisa dilakukan berulang.

  13. C - Belah ketupat adalah simbol keputusan atau kondisi.

  14. B - Computational thinking melatih solusi masalah dengan cara sistematis.

  15. C - Langkah berulang disebut looping atau iterasi.

  16. A - Langkah pemeriksaan kesalahan dengan mencoba berjalan satu persatu.

  17. B - Dua panah artinya dua kemungkinan hasil pilihan dari kondisi.

  18. B - Algoritma pengurutan data disebut sort.

  19. C - Pola iterasi adalah pola yang berulang dalam penyelesaian masalah.

  20. B - Flowchart harus mudah dibaca dan mengikuti logika langkah.

  21. A - Algoritma terdiri dari input, proses, dan output.

  22. A - Algoritma disusun dengan urutan logis dan hasil yang pasti.

  23. A - Panah menunjukkan urutan langkah dalam flowchart.

  24. A - Langkah yang bisa dilakukan bersamaan disebut paralel.

  25. B - Computational thinking membantu berpikir sistematis dan logis.

  26. B - Proses yang diulang dengan kondisi disebut looping.

  27. A - Oval pada flowchart adalah simbol awal dan akhir.

  28. A - Input adalah data yang dimasukkan untuk diproses.

  29. A - Abstraksi fokus pada hal penting dan mengabaikan detail tidak perlu.

  30. A - Memperbaiki algoritma adalah cara mengatasi kesalahan.





Posting Komentar untuk "SOAL LATIHAN SAS KODING DAN KECERDASAN ARTIFISIAL KELAS 7"