Modul Menjadi Presentasi

Modul Menjadi Presentasi

Menggunakan youtube untuk pembelajaran dimulai dari mengubah modul yang dibuat sebelumnya kedalam bentuk file presentasi. Untuk menampilkan  presentasi paling mudah adalah menggunakan applikasi MS. Power Point karena sudah sangat familiar digunakan. Penting bagaimana menampilkan sebuah presentaasi materi yang  baik kepada siswa. Karena itu dalam menyusun sebuah presentasi kita perlu memperhatikan hal – hal seperti 1) meminimalkan jumlah slide, 2) Memilih Font yang mudah terbaca,  3) membatasi jumlah animasi danmemilih animasi yang sesuai, 4) menyederhanakan hal kompleks dalam kalimat yang mudah dimengerti 5) memanfaatkan grafik dan table untuk menampilkan data agar mudah dipahami, 5) menggunakan Bahasa yang baik dan mudah dimengerti dan 6) menggunakan backgroun dan warna – warna yang menyejukkan mata.

Selain hal – hal yang disebutkan diatas kita juga harus memperhatikan konten yang akan dipresentasikan. Dengan membuat materi terurut agar mudah disajikan. Kita juga bisa membuat scenario pembelajaran untuk menjelaskan dalam bentuk script. Persiapkan materi apa yang bisa diunduh atau mana yang bisa dikerjakan secara langsung (online). Informasikan juga mana materi yang bisa diaksen di buku paket atau dari sumber lain agar siswa punya gambaran apa yang akan dipelajari dalam bahasan tersebut. Materi yang ditampilkan dalam presentasi diusahakan sistematis dari materi mudah ke sulit bila perlu ulangi materi terdahulu atau berikan gambaran awal tentang materi yang baru, buat sesederhana mungkin dalam bagian – bagian kecil sehingga mudah dipahami. Kita juga harus memahami bagaimana karakteristik siswa yang kita ajar.Apakah mereka cepat paham atau perlu penjelasan lebih detail tentang materi – materi tertentu. Tampilkan materi yang esensial dalam presentasi dengan menyertakan gambar lain atau video pendukung lain untuk memperjelas apa yang ditampilkan. Kurangi animasi dan transformasi slide yangnjlimet agar tidak memecah konsentrasi peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan.

Karena dari file presentasi ini akan diubah dalam bentuk video makan perlu memperhatikan hal – hal berikut ini :

1.      Pahami materi sebelum menjelaskan seolah – olah kita ada di depan siswa ( tatap muka) agar kita bisa menjelaskan materi dengan baik

2.      Catat hal – hal penting yang perlu dijelaskan lebih detail, dimana catatan ini dalam presentasi hanya berbentuk kalimat sederhana.

3.      Beri penekanan pada materi – materi yang esensial dan penting

4.      Sebisa mungkin gunakan pena tablet untuk memberikan kesan realistis

5.      Jika Anda tidak memilikinya, buat urutan teks yang muncul


Posting Komentar untuk "Modul Menjadi Presentasi"