Modul Terintegrasi Youtube

Menjadikan youtube sebagai media pengganti guru saat mengajar bukan tanpa alas an. Hari ini Sebagian guru disibukkan dengan berbagai macam kegiatan selain mengajar seperti mengikuti diklat, menghadiri rapat, mengikuti lomba dan acara lain yang mendesak antara lain guru tersebut sakit atau sedang dalam ibadah tertentu yang memaksa meninggalkan kelas. Sehingga guru tidak bisa mengajar secara langsung atau tatap muka. Dalam pembelajaran sering kita menemukan dalam kurikulum materi sangat banyak tetapi waktu atau jam mengajar tidak memungkinkan untuk menghabiskan semua materi tersebut.

Terlebih lagi saat ini dalam kondisi pandemi pembelajaran harus tetap berlangsung meskipun dengan system daring. Hal ini menuntut kita untuk menggunakan teknologi internet dalam menghadirkan pembelajaran. Populernya streaming life menjadikan youtube menjadi salah satu platform yang menjadi pilihan banyak orang untuk melakukaan bnyak hal. Sebagai guru kita bisa menggunakan modul untuk mengajar yang terintegrasi dengan youtube. Ada beberapa alasan kenapa memilih yotube sebagai media antara lain :

1.      Meskipun ada iklan, bisa di skip saja jadi bisa langsung melihat video yang ingin kita tonton

2.      Bisa ditonton kapan saja dan dimana saja, bahkan jika tidak mendapatkan koneksi kita bisa menonton video yang sudah kita save atau download dalam keadaan upload.

3.      Setiap gawai terutama android hampir pasti sudah terinstall aplikasi youtube

4.      Melakukan siaran langsung jika syarat terpenuhi

5.      Dapat menghasilkan uang ( dengan syarat dan ketentuan berlaku )

6.      Kebiasaan menonton streaming membuat anak terbiasa dengan youtube

7.      Penggunaannya mudah dan sangat familiar di kalangan masyarakat.

 

Di tulisan sebelumnya kita sudah membahas tentang modul. Setelah membuat modul kita akan mengintegrasikan modul tersebut dengan youtube. Modul adalah bahan ajar mandiri dan bisa gunakan tanpa tatap muka dengan siswa. Peserta didik bisa memahami materi dan Latihan soal secara mandiri dari modul yang sudah diberikan. Youtube menjadi pengganti pendidik dalam tatap muka dan dapat ditonton berulang – ulang. Next

 

Posting Komentar untuk "Modul Terintegrasi Youtube"